PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MINAT DONATUR BERINFAK DI LAZNAS DEWAN DAKWAH BALI

Authors

  • Mustaghfiroh
  • Kelas Agrosamdhyo Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar

Abstract

Keberhasilan sebuah lembaga bukan dilihat dari seberapa banyak jumlah dana yang terkumpul, melainkan dari pendistribusian dan pendayagunaan dana yang dapat mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Tentunya hal tersebut tidak terlepas  dari pengaruh citra lembaga dan media sosial yang menentukan minat donatur dalam  berinfak. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh  media sosial secara parsial terhadap minat donatur berinfak di LAZNAS Dewan  Dakwah Bali, 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh citra lembaga secara parsial  terhadap minat donatur berinfak di LAZNAS Dewan Dakwah Bali, 3). Untuk  mengetahui ada tidaknya pengaruh antara media sosial dan citra lembaga secara  simultan terhadap minat donatur berinfak di LAZNAS Dewan Dakwah Bali. Metode  penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini  adalah para donatur LAZNAS Dewan Dakwah Bali. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Regresi Berganda, Uji t, Uji F, Uji Koefisien Determinasi (R Square) dan Uji Asumsi Klasik  yang didalamnya meliputi Uji Normalitas, Multikolinieritas, dan Heteroskedastisitas.  Alat statistikanya menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil perhitungan  diperoleh nilai koefisien variabel X1 media sosial 0,287 dengan nilai signifikansi  sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan nilai koefisien variabel X2 citra lembaga sebesar 0,450  dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan adanya  pengaruh antara media sosial dan citra lembaga terhadap minat donatur berinfak di  LAZNAS Dewan Dakwah Bali secara parsial dan secara simultan.

Downloads

Published

2025-07-23