LIVE STREAMING, VIDEO REELS DAN FLASH SALE UNTUK MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP AMIRA.CO DI KOTA

Authors

  • Vera Miranda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Endah Budiarti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.177

Abstract

Tujuan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang diguanakan adalah teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling.dan dianailsis menggunakan IBM SPSS 27. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Amira.co. Sampel yang digunakan adalah konsumen Amira.co berusia diatas 17-35 Tahun, berjenis kelamin perempuan yang sudah pernah membeli atau belum pernah membeli produk Amira.co.

Hasil uji t menyatakan Live Streaming, Vidio Reels, dan Flash Sale secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Vidio Reels berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji F menunjukkan bahwa Live Streaming, Vidio Reels, dan Flash Sale secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 80,3% sedangkan sisanya sebesar 19,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian.

References

Agrawal, S., & Sareen, S. A. (2016). Flash Sales – The Game Changer In Indian E-Commerce Industry. International Journal Of Advance Research And Innovation, 4(1), 343–348. Https://Doi.Org/10.51976/Ijari.411650

Ai, B., Ralahallo, B., Prodi, D., Stia, A. B., Ambon, A., Muhrim, ) M Rifai, Bello, O. :, & Ralahallo, A. B. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Mini Market Saburo Kota Ambon. 16(2).

Alawiyah, W., & Utama, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Pada Keputusan Pembelian Mobil.

Anggraeni, I., & Hartanto, E. (2023). Pengaruh Konten Dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Idvolunteering Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. In Jurnal Communicology (Vol. 11, Issue 2). Http://Journal.Unj.Ac.Id/

Asri, J. D. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi Dan E-Commerce Terhadap Keunggulan Bersaing (Survei Pada Umkm Sentra Kampung Batik Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta).

Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47–56. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V4i1.2276

Erdiansyah, Se. , M. M. (2016). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Cv Patakaran Palembang.

Fredyta, W., & Endah, B,. Pengaruh Kualitas Produk dan Presepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Skintific ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ). Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi. Vol. 3 No. 4 (2023)

H Mokoagouw, A. J., Mangantar, M., Ch Lintong, D. A., Juan Henry Mokoagouw, A., & Mangantar, M. (2023). The Influence Of Brand Awareness And Perceived Quality On Purchasing Decisions In Using Grab Services (Case Study Of Feb Unsrat Manado Students). 290 Jurnal Emba, 11(2), 290–300.

Imron Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada Cv. Meubele Berkah Tangerang.

James Prabowo Soetanto, F. S. , Dan T. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, ). (2020). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Www.Indotelko.Com

Lorensa, D., Tinneke, B., Tumbel, M., Program, D. M., Ilmu, S., & Bisnis, A. (2021a). Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Cv. Lion Jailolo. In Productivity (Vol. 2, Issue 2).

Lorensa, D., Tinneke, B., Tumbel, M., Program, D. M., Ilmu, S., & Bisnis, A. (2021b). Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Cv. Lion Jailolo. In Productivity (Vol. 2, Issue 2).

Maksimova, A., & Savolainen, A. (2021). Instagram As A Digital Marketing Tool For Fashion Brands.

Martaleni, M., Hendrasto, F., Hidayat, N., Dzikri, A. A., & Yasa, N. N. K. (2022). Flash Sale And Online Impulse Buying: Mediation Effect Of Emotions. Innovative Marketing, 18(2), 49–59.

Nadia Fordia Rahmawati. (2022). Pengaruh Affiliate Marketing, Live Streaming, Dan Program Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian.

Rut, S., Pagiu, C., & Devi Pompeng, O. Y. (2024). Pengaruh Customer Experience Dan Ease Of Use Terhadap Pembelian Ulang. 4(2).

Santi Agustina, E. (2023). Pengaruh Program Flash Sale Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Pengguna Tiktok Shop (The Influence Of Flash Sale And Cashback Programs On Impulsive Buying Behavior Among Tiktok Shop Users).

Sekar Harum, A., Amri Nasution, M., Firah, A., Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2023). Pengaruh Tipe Produk Dan Merek Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Shell Lubricant Pada Pt. Dinamika Lubsindo Utama Medan (Vol. 17).

Setyaningsih, F. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Pelanggan Pada Lembaga Rafi Bimbel Tangerang.

Suhyar, S. V., & Pratminingsih, A. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Trust Terhadap Impulsive Buying Dalam Pembelian Produk Skincare Skintificid. In Management Studies And Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 2). Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Tresna Wulandari. (2017). Analisis Proses Keputusan Pembelian Mahasiswa Melalui Ekuitas Merek Politeknik Perdana Mandiri Dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dan Bisnis (Stieb) Perdana Mandiri Purwakarta.

Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Fitur Reels Instagram Pada Pembelajaran Membaca Puisi Guna Mendukung Gerakan Mereka Belajar Di Sekolah Menengah.

Wang, Y., Lu, Z., Cao, P., Chu, J., Wang, H., & Wattenhofer, R. (2022). How Live Streaming Changes Shopping Decisions In E-Commerce: A Study Of Live Streaming Commerce. Computer Supported Cooperative Work: Cscw: An International Journal, 31(4), 701–729. Https://Doi.Org/10.1007/S10606-022-09439-2

Widjaja, A. E., & Indrawati, L. (2018). Pengaruh Lokasi, Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayananterhadap Keputusan Menggunakan Ojek Online. Jurnal Bisnis Terapan, 2(02), 169–178. Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V2i02.1617

Downloads

Published

09-02-2025

How to Cite

Vera Miranda, & Endah Budiarti. (2025). LIVE STREAMING, VIDEO REELS DAN FLASH SALE UNTUK MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP AMIRA.CO DI KOTA. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(2), 315–333. https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.177