Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Meningkatkan Partisipasi Muzakki Berzakat Di Kota Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.19Keywords:
Strategi Komunikasi, Partisipasi Muzakki.Abstract
Dalam memperkenalkan zakat kepada masyarakat, dibutuhkan peran strategi komunikasi guna menginformasikan dan menjadi media penarik partisipasi muzakki membayar zakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) strategi komunikasi Baznas dalam meningkatkan partisipasi muzakki berzakat di Kota Denpasar, 2) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi komunikasi Baznas dalam meningkatkan partisipasi muzakki berzakat di Kota Denpasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif . Informan terdiri dari 12 orang yang dipilih dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Strategi komunikasi Baznas Kota Denpasar dalam pengenalan muzakki melalui segmentasi pasar, pemilihan media komunikasi menggunakan media sosisal, cetak, dan elektronik, pengkajian tujuan pesan, menggunakan teknik informatif, persuasif, dan edukasi, peran komunikator dalam komunikasi menggunakan pengalaman, tingkat seonioritas, dan kelembagaan. 2) Faktor pendukung strategi komunikasi adalah media sosial dan keahlian komunikasi Manager Operasional dan yang menjadi faktor penghambat disebabkan kurangnya sumber daya manusia, keahlian design tenaga kerja, minimnya biaya operasional, kurangnya UPZ-UPZ, serta kurang tepat dan menariknya media komunikasi Baznas Kota Denpasar.
References
Buku
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kuaitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Pubik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Effendy, Onong Uchjana. 2018. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Morrisan, A,M. 2015. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Soemitra, Andri. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Depok: Kencana
Suhandang, Kusnadi. 2014. Strategi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surya, Edi. 2018. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Skripsi / Jurnal
Hidayah, Rahmi. 2015. ‘’Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadaya Ummah Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Di Pekanbaru’’. Pekanbaru: Universitas Riau
Al Quran
Departemen Agama RI. 2018. Alquran dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro
Internet
Adi Susilo Jahja, ‘’Berapa Jumlah Informan Riset Kualitatif?’’ https://dosen.perbanas.id/berapa-jumlah-informan-riset-kualitatif/, (diakses 22 Juni 2020)
Pernyataan Lisan
Agus Supriyatno, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 15 April 2020
Ani Dwi Yanti, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 14 April 2020
Dharmaji, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 18 April 2020
Fita Christiana, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadai, Denpasar 14 April 2020
Hadi Karyono, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 19 April 2020
Joko Iswono, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 21 April 2020
M. Ma’shum, Staff Penghimpunan Zakat Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 17 April 2020
Retno Ponco Dewati, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 19 April 2020
Siska Yustina, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 16 April 2020
Sri Bandono, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadai, Denpasar 19 April 2020
Sudirman, Manager Operasional Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 16 April 2020
Syahrul Imansyah, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 18 April 2020