Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Meningkatkan Partisipasi Muzakki Berzakat Di Kota Denpasar

Authors

  • Ria Kristiana Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Kusjuniati Kusjuniati Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Iswahyuni Iswahyuni Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.19

Keywords:

Strategi Komunikasi, Partisipasi Muzakki.

Abstract

Dalam memperkenalkan zakat kepada masyarakat, dibutuhkan peran strategi komunikasi guna menginformasikan dan menjadi media penarik partisipasi muzakki membayar zakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) strategi komunikasi Baznas dalam meningkatkan partisipasi muzakki berzakat di Kota Denpasar, 2) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi komunikasi Baznas dalam meningkatkan partisipasi muzakki berzakat di Kota Denpasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif . Informan terdiri dari 12 orang yang dipilih dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Strategi komunikasi Baznas Kota Denpasar dalam pengenalan muzakki melalui segmentasi pasar, pemilihan media komunikasi menggunakan media sosisal, cetak, dan elektronik, pengkajian tujuan pesan, menggunakan teknik informatif, persuasif, dan edukasi, peran komunikator dalam komunikasi menggunakan pengalaman, tingkat seonioritas, dan kelembagaan. 2) Faktor pendukung strategi komunikasi adalah media sosial dan keahlian komunikasi Manager Operasional dan yang menjadi faktor penghambat disebabkan kurangnya sumber daya manusia, keahlian design tenaga kerja, minimnya biaya operasional, kurangnya UPZ-UPZ, serta kurang tepat dan menariknya media komunikasi Baznas Kota Denpasar.

 

References

Buku

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kuaitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Pubik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Effendy, Onong Uchjana. 2018. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Morrisan, A,M. 2015. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Soemitra, Andri. 2017. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Depok: Kencana

Suhandang, Kusnadi. 2014. Strategi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Surya, Edi. 2018. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Skripsi / Jurnal

Hidayah, Rahmi. 2015. ‘’Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadaya Ummah Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Di Pekanbaru’’. Pekanbaru: Universitas Riau

Al Quran

Departemen Agama RI. 2018. Alquran dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro

Internet

Adi Susilo Jahja, ‘’Berapa Jumlah Informan Riset Kualitatif?’’ https://dosen.perbanas.id/berapa-jumlah-informan-riset-kualitatif/, (diakses 22 Juni 2020)

Pernyataan Lisan

Agus Supriyatno, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 15 April 2020

Ani Dwi Yanti, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 14 April 2020

Dharmaji, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 18 April 2020

Fita Christiana, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadai, Denpasar 14 April 2020

Hadi Karyono, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 19 April 2020

Joko Iswono, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 21 April 2020

M. Ma’shum, Staff Penghimpunan Zakat Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 17 April 2020

Retno Ponco Dewati, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 19 April 2020

Siska Yustina, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 16 April 2020

Sri Bandono, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadai, Denpasar 19 April 2020

Sudirman, Manager Operasional Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 16 April 2020

Syahrul Imansyah, Muzakki Baznas Kota Denpasar, Wawancara Pribadi, Denpasar 18 April 2020

Downloads

Published

22-09-2022

How to Cite

Ria Kristiana, Kusjuniati Kusjuniati, & Iswahyuni Iswahyuni. (2022). Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Meningkatkan Partisipasi Muzakki Berzakat Di Kota Denpasar. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(1), 01–17. https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i1.19

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.