DIGITALISASI SEBAGAI SOLUSI KETERBATASAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA LALANG, KECAMATAN MEDANG DERAS, KABUPATEN BATU BARA
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.313Keywords:
UMKM, Digitalisasi, Pemasaran, Inovasi Kemasan, Pengembangan UsahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi, kendala, dan strategi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di desa. Observasi lapangan menunjukkan bahwa usaha olahan snack, pengolahan ikan asin, dan pembuatan kue rumahan memiliki kualitas produk yang baik dan diminati masyarakat lokal, namun menghadapi kendala pemasaran terbatas, distribusi konvensional, kapasitas produksi kecil, dan inovasi kemasan yang minim. Hasil analisis menunjukkan bahwa digitalisasi pemasaran, inovasi kemasan, branding, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan manajemen dan literasi digital merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usahaTemuan ini memberikan gambaran penting bagi pelaku usaha dan pemangku kepentingan dalam merancang strategi pengembangan UMKM berbasis lokal yang berkelanjutan.
References
Ahmad Fahriyannur, R., Fadlil Liwaul, H., Rachmadani Anggowo, R., Kennyo Gendis Putri, H., Ahnaf, A., & Muhammad Andra Kusuma, R. (2022). Digitalisasi UMKM Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis dan Inovasi pada Industri Kreatif. Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM), 4(1), 13-17.
Anaqi, I., Kurniawan, D., Marcela, T. P., Jorger, D. C. V., Aziz, P. N., Sukmah, N. S. M., & Ariescy, R. R. (2023). Pengembangan digitalisasi marketing usaha UMKM untuk meningkatkan mengembangkan UMKM masyarakat. jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 171-179.
Ariodutho, S., Sugiyanti, L., Larasati, A., & Wijaya, I. S. (2023). Pengaruh Packaging Produk terhadap Persepsi Kualitas dan Nilai Produk UMKM Anisa Bakery. Masarin, 2(1), 204-214.
Barus, D. R., Simamora, H. N., Sihombing, M. G. S., Panjaitan, J., & Saragih, L. S. (2023). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Teknologi dan Digitalisasi. Journal of Creative Student Research, 1(6), 357-365.
Fitriani, I. D., Pratama, A., Quthb, A. N., Fadhlurrahman, F., Iwan, F. S. D., Hisyam, R. A. M., ... & Hunafa, Z. D. (2024). Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 391-398.
Maimuna, F. F., Roroa, N. A. F., Misrah, M., Oktavianty, O., & Agit, A. (2024, October). Transformasi digital dalam kewirausahaan: Analisis faktor penghambat dan pendorong perkembangan ekonomi digital. In Prosiding Seminar NasIonal Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Dan Riset Ilmu Sosial (Vol. 1, No. 1, pp. 187-198).
Maulidina, C. M. (2024). Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 187-199.
Morisson, B., & Fikri, A. A. H. S. (2025). Digitalisasi UMKM sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing di Era Ekonomi Digital. E-BISNIS: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 289-299.
Nauli, D., Hasanah, K., Ayuningtyas, D., Sari, R. P., & Wahyudin, W. (2024). Optimasi Proses Produksi Kemasan Makanan pada UMKM ECOSEKAM Packaging Menggunakan Quality Function Deployment dan Operation Process Chart. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2065-2096.
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing umkm. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29-37.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.