STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI DI MADRASAH ALIYAH BINA IHSAN MULIA BADUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Ilham Pujaan Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar

Abstract

Strategi kepala sekolah pada hakikatnya merupakan suatu proses merencanakan mengkoordinasikan, melaksanakan, memimpin, dan mengendalikan usaha anggota serta mendayagunakan seluruh sumber-sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. untuk meningkatkan Akreditasi Sekolah yang kurang memuaskan di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung. Fokus penelitian ini adalah; 1) Apa saja yang dilakukan Kepala sekolah dalam pelaksanaan Akreditasi di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung Sebelum Tahun Pelajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Akreditasi di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2022/20232, 3) Apa kendala dan solusi dalam meningkatkan Akreditasi sekolah di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Akreditasi Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung Sebelum Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Akreditasi di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui kendala dan solusi dalam meningkatkan Akreditasi di Madrasah Aliyah Bina Ihsan Mulia Badung Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik keabsahan data melalui metode triangulasi. Hasil penelitian akan dituangkan secara deskripsi. Hasil penelitian ini adalah 1) Persiapan Akreditasi tidak dilakukan secara maksimal. 2) Strategi Kepala Madrasah untuk meningkatkan Akreditasi yaitu. Identifikasi Akreditasi awal, identifikasi instrument dan menyiapkan bukti fisik secara baik. 3) Kendala dalam meningkatkan Akreditasi yaitu. Kurangnya sarana prasana, SDM guru kurang maksimal dan data administrasi belum tersusun rapi. Sedangkan solusi kepalaMadrasah dalam meningkatkan akreditasi ialah. Memperbaiki sarana prasana, meningkatkan SDM guru dan menyusun data administrasi dengan rapi.

Downloads

Published

2025-07-24