PENDEKATAN ANALITIS TERHADAP IDENTIFIKASI PENYEBAB MASALAH DAN PERUMUSAN SOLUSI STRATEGIS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS: STUDI KASUS PADA UMKM MUSAFIR COFFEE
Keywords:
Analisis Strategis, Pengambilan Keputusan, UMKMAbstract
Pendekatan analitis dalam mengidentifikasi penyebab masalah dan merumuskan solusi strategis untuk pengambilan keputusan di UMKM Coffee, khususnya studi kasus Musafir Coffee di Medan. Menggunakan metode kualitatif yang meliputi observasi langsung, wawancara, dan analisis SWOT, penelitian ini menyoroti proses pengambilan keputusan, tantangan lingkungan bisnis, serta strategi yang diterapkan untuk bersaing di pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan Musafir Coffee didukung oleh pendekatan sistematis dalam memanfaatkan peluang pasar mahasiswa, inovasi harga, dan promosi yang efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya analisis internal-eksternal dan proses pengambilan keputusan yang tepat dalam mendukung keberlangsungan dan pertumbuhan UMKM di tengah persaingan yang ketat
References
Anggreani, T. F. (2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–29.
Aulia Rizka Nur. (2020). Analisi prosesp pengambilan keputusan di UKM menggunakan model pengambilan keputusan sstrategis. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 285–290.
Barusman, M. Y., Citra, A., Oktavianur, M., & Redaputri, A. (2020). Pengambilan Keputusan Penempatan Jabatan Struktural Aparatur Sipil Negara (ASN). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 6(3), 459–467.
Dewi. (2023). Pengaruh Analisis Swot Terhadap Pengambilan Keputusan Pada Usaha Laundry Di Kalijudan Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(5), 74.
Farhan, R., Hasbullah, Hidayahtullah, R., Pangestu, Y., & Suci, R. G. (2024). Strategi Manajemen Menggunakan Analisis SWOT Pada Usaha UMKM(Studi Usaha Angkringan Sedulur) . Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Lim, T., Alya Wazdy, N., Novita, E., Se, J., Setyawan, A., & Manajemen, M. (2023). Jurnal Mirai Management Analisis Pengambilan Keputusan Strategis & Pemecahan Masalah di Perusahaan Perbankan. Jurnal Mirai Management, 8(2), 310–318.
Lahindah, L. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Stratejik pada Usaha Kecil Menengah: Sebuah Kajian Literatur. Finance and Accounting Jurnal, 4(01).Loredana, M. (2017). Business Decision-Making: A Strategic Management Perspective. Journal of Business Research, 89, 67–74.
Maylanie, J. T. (2022). Tahapan Pengambilan Keputusan (Kajian Teoritis dari James A. F. Stoner). OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen.
Mukhlasin, A., & Pasaribu, M. H. (2020). Analisis Swot dalam Membuat Keputusan dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Invention: Journal Research and Education Studies.
Niisak, Z. (2019). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1–8.
Prihartono, Y., & Magdalena, H. (2016). Penerapan Metode Analytical HierarchyPr AHP) Sebagai Pendukung Keputusan dalam Menentukan Internet Sl Provider Terbaik di Pangkalpinang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 5(1), 21.
Rajindra, Amir, A. M., Farid, Anggraeni, R. N., & Yani, A. (2020). Family management strategies in managing finances through small businesses. Academy of Strategic Management Journal, 19(3).
Sumarni, M. (2022). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM. Jurnal Manajemen Keuangan Syariah. doi:https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v6i2.5173
Zed, E. Z., Della, A. J., Rahmawati, N., Nurfadhilah, R., & Oktavia, I. (2025). Peran Analisis Swot dalam Pengambilan Keputusan Strategis pada Usaha Warcaf. 3.