Pengaruh Persepsi Resiko, Modal Minimal, Social Media Influencer dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Authors

  • Febila Febriyani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Bambang Widarno Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i2.213

Keywords:

Persepsi resiko, Modal minimal, Social Media Influencer, Lingkungan Keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh persepsi resiko, modal minimal, social media influencer dan lingkunngan keluarga terhadap minat investasi pada mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta sekitar 7.316 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan didapatkan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Kuesioner dalam penelitian ini di uji validitas dan reliabilitas hasilnya valid dan reliabel, dan memenuhi uji asumsi klasik. Hasil penelitian dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa : (1) Persepsi resiko berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. (2) Modal minimal berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. (3) Social media influencer tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. (4) Lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi mahasiswa  Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

References

Al Karimah, M., Wardani, D. K., & Octoria, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Uang Saku, dan Motivasi Investasi, terhadap minat berinvestasi mahasiswa dengan gender sebagai variabel moderating. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14732-14742.

Amrul, R., & Wardah, S. (2020). Pengaruh modal minimal, pengetahuan investasi, dan motivasi terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 7(1), 55-68.

Anastasya Fauzianti, & Retnosari. (2022). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 26–35

Anggraeni, B., & Harnanik, H. (2015). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas xi smk islam nusantara comal kabupaten pemalang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 42-52.

Asrifah, Y. N., Rapini, T., & Riawan, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kemampuan Finansial, Lingkungan Keluarga terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 281-292.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28.

Dwiputri, K., Husnatarina, F., & Bimaria, O. (2022). Pengaruh Modal Minimal Investasi, Pengetahuan Investasi, Risiko dan Return Terhadap Minat Berinvestasi Saham Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Palangka Raya di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian UPR, 2(1), 34-40.

Gunanti, A. I. I. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Minat investasi generasi milenial di bursa efek Indonesia. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 18(3), 425-437

Halim, M., Aspirandi, R. M., & Pradana, Y. W. A. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko , Motivasi Investasi , Modal Minimal Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fakultas. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 8(1), 1–16.

KSEI. 2024. KSEI Terus Upayakan Kemudahan Pembukaan Rekening Investor. http://www.ksei.co.id/files/upload/press_releases/id/135_berita_pres_ksei_ terus_upayakan_kemudahan_pembukaan_rekening_investasi_20170816154208 (12 Desember 2017).

Kumala, K. N., & Venusita, L. (2023). Persepsi Risiko dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Dimoderasi dengan Media Sosial. Jurnal Akuntansi Unesa, 11(3), 297.

Lestari, A. E., Indriani, E., & Kartikasari, N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Return, Persepsi Risiko, Gender Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(4), 726–738.

Lestiana, L. (2023). Pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimum, literasi keuangan dan social media influencer terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis pengaruh pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal, modal investasi minimal dan persepsi risiko terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal (studi pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1).

Rahmawati, F., & Rosita, R. (2023). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Generasi Z Mahasiswa STIE Surakarta Di Pasar Modal. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(3), 119-135.

Romadhona, P. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko , Pengetahuan , Dan Motivasi Terhadap Minat. JKA : Jurnal Kendali Akuntansi, 1(3), 219–228.

Ryandana, A., Hermuningsih, S., & Sari, P. P. (2023). Dampak Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi Anak Milenial. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 226-233.

Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), 88.

Sashikala, V., & Chitramani, P. (2018). The impact of behavioural factors on investment intention of equity investors. Asian Journal of Management, 9(1), 183-188.

Tandelilin, E. (2017). Pasar modal manajemen portofolio & investasi. Yogyakarta: PT Kanisius.

Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 126-135.

Wibowo, A. (2019). Pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa yang terdaftar di Galeri Investasi FE Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 198.

Widarno, Bambang, Fadjar Harimurti, M. F. (2024). Kemampuan Literasi Keuangan Menghambat Overconfidence Dan Herding Behavior Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham Generasi Milenial. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 1–23.

Downloads

Published

05-06-2025

How to Cite

Febila Febriyani, & Widarno, B. (2025). Pengaruh Persepsi Resiko, Modal Minimal, Social Media Influencer dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(2), 527–539. https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i2.213

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.