Menguatkan Nilai Sosial Melalui Dinamika Kelompok Sebaya: Studi Kualitatif Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.113Keywords:
Nilai Sosial, Dinamika Kelompok Sebaya, Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar, Pendidikan KarakterAbstract
Abstract. This research aims to analyze the strengthening of social values through peer group dynamics in social studies learning in elementary schools. Using a qualitative approach with case study methods, the research was conducted in a public elementary school involving fifth-grade students as research subjects. Data collection was carried out through participatory observation, in-depth interviews, and documentation during one semester of learning. The results showed that interactions within peer groups significantly influence the formation of students' social values, including cooperation, empathy, responsibility, and tolerance. Group dynamics formed in social studies learning facilitate students to develop social skills through discussion, group work, and collective problem-solving. This study found that the teacher's role as a facilitator is crucial in directing group dynamics towards positive social value development. The implementation of peer group-based learning proved effective in strengthening elementary school students' social values.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan nilai-nilai sosial melalui dinamika kelompok sebaya dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian dilakukan di sebuah sekolah dasar negeri dengan melibatkan siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi selama satu semester pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi dalam kelompok sebaya secara signifikan mempengaruhi pembentukan nilai-nilai sosial siswa, termasuk kerjasama, empati, tanggung jawab, dan toleransi. Dinamika kelompok yang terbentuk dalam pembelajaran IPS memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial melalui diskusi, kerja kelompok, dan pemecahan masalah bersama. Penelitian ini menemukan bahwa peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam mengarahkan dinamika kelompok ke arah pengembangan nilai sosial yang positif. Implementasi pembelajaran berbasis kelompok sebaya terbukti efektif dalam menguatkan nilai-nilai sosial siswa sekolah dasar.
References
Rahman, A., Suhartono, S., & Putri, R. (2022). Collaborative Learning in Elementary Social Studies: Impact on Social Skills Development. Journal of Elementary Education Studies, 7(2), 145-160.
Wijaya, H., & Putri, L. (2023). Teacher's Role in Facilitating Peer Group Learning: A Longitudinal Study in Elementary Schools. Educational Research Quarterly, 46(3), 78-95.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2021). Social Cognitive Theory and Behavioral Development in Educational Contexts. Educational Psychology Review, 33(1), 161-179.
Hidayat, M., Suherman, A., & Nugroho, R. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45-58.
Kusuma, D., & Wahyuni, S. (2022). Peran Dinamika Kelompok dalam Pembentukan Karakter Siswa: Studi Kasus di SDN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 112-125.
Nugroho, A. (2022). Analisis Kendala Implementasi Pembelajaran Berbasis Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(2), 78-92.
Pratiwi, S., & Sunaryo, Y. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kelompok terhadap Penguatan Nilai Sosial Siswa: Studi Longitudinal di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(3), 167-182.
Putri, A. K., & Suyanto, B. (2021). Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital: Perspektif Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 89-102.
Rahmawati, E. (2019). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 34-47.
Widodo, S., Permana, D., & Sari, R. K. (2020). Penguatan Nilai Sosial melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPS, 7(1), 12-25.