Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Di Franchise Chickroll Cabang Aloha Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.158Keywords:
Promotion, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pada Chickroll. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden konsumen. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.05 = 0.05 dan nilai T hitung > T tabel yakni 2.909 > 1.985 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.017 < 0.05 dan nilai T hitung < T tabel 2.438 > 1.985 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai T hitung > T tabel 7,192 > 1.985 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa variabel Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek bersamasama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji F. Di mana nilai F tabel sebesar 86.362 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, sehingga nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
References
Alan, R. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Rokok Sampoerna Avolution Slim Menthol. Jurnal Administrasi Terapan.
Aristriyono, W. d. (2019). Buku Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV Budi Utama.
Baijaqqy, M. R. (2023). Manajemen Pemasaran (Marketing Mix dan Loyalitas. Purwokerto: Amerta Media.
Assael, Henry. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binapura Aksara
Debi Eka Putri, A. S. (2021). Brand Marketing. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Dr. Wier Ritongo, S. M. (2020). Pemasaran. Jakarta: PT Muara Karya.
Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press
Eka Hendrayani, W. S. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar ddan Konsep). Bandung: Media Sains Indonesia.
Entrepreneurship (Feb 2021), 146-163.
Fatmaningrum, S. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan
Pembelian minuman frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
, 1-13.
Fery Siswandi, M. H. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia.
Fransiska, M. (2022). Jurnal Sekretaris dan Administrasi, 35.
Gunardi, C. G. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 1-8.
Hatmawan, S. R. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang
Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deeppublish.
Ibrahim, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT,
1-8.
Idris, M. (2021, Oktober 08). Apa itu Pemasaran : Definisi, Jenis, Fungsi. Diambil kembali dari Kompas.com.
43
44
Indah Surti, F. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan. Scientific Journal Of Reflection
Indrasari, D. M. (2019). Manajemen Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indriyani, S. (2023). Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Geprek Bensu Lampung. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis , 1-9.
J, A. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu.
J, I. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Kasman Pandiangan, M. Y. (2021). Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Brand Equity, Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality dan Brand Loyalty. Jurnal Ilmu
Manajemen Terapan, 471.
Kornelia. (2024). Pengaruh Store Armosphere, Service Quality, Cita Rasa Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Bakmie Saudagar Cabang Tenggilis Surabaya. 25.
Kotler, Parasuraman. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotter, Kettler. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 13. Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 &
2.Jakarta: PT. Indeks.
Luthfiana. (2021). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Konsumen Renan Store). Repository
UPNVJ.
Malau, Harman. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta
Manggala, A. G. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan
Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Shaburi Kelapa Gading). Jurnal Ilmu
Manajemen, 39-53.
Marissa Grace, A. S. (2022). Strategi Pemasaran (Konsep, Teori dan Implementasi). Tangerang: Pascal Book.
Mawaddah, D. R. (2024). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Berulang: Produk, Harga, Promosi, Dan Layanan: Literature Review Perilaku Konsumen. Jurnal Manuhara Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 115-127.
45
M, V. A. (2017). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm.
McGraw-Hill Education.
Nuraini, F. (2022). pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada mie gacoan cabang magelang. jurnal nasional manajemen pemasaran dan sumber daya manusia , 6.
Parasuraman, Kotler. (2000). Marketing Management. Prentice Hall PTR.
Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. (2021). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan
Entrepreneurship (Feb 2021), 146-163.
Permatasari, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review). jurnal ilmu manajemen terapan, 1-10.
Praestuti. (2020). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama Mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire. 21-24.
Rissa, M. S. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Politeknik Piksi Ganesha.
Rizky Hidayah N, N. (n.d.). "Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT Electronic City Cabang Pamulang". Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen Bisnis
Indonesia.
Sadikin, A., Misra, I., Hudin, M.S. (2020). Pengantar manajemen dan bisnis. Yogyakarta:
K-Media.
Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1-5.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenada Media.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar : Manajemen Pemasaran. Jember: CV Pustaka Abadi.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran : Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Suhardi, d. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap minat beli konsumen . JURNAL INSPIRASI BISNIS & MANAJEMEN, 53-
62.
Sunyoto. (2019). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS (Center Of Academic.
Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
46
Tjiptono. (2020). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Buku Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian. Andi Publisher.
Utomo, P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan (Studi Pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang). Jurnal Ilmiah Ekonomi, 1-21.
Valerie A. Zeithaml, A. (2004). Service Quality. Marketing Science Institute.
Wati, W. T. (2020). Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas. Sekolah
Tinggi Ilmu Jakarta.
Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 146.
Woen N, S. S. (2021, 2 16). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 146.
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Aleea
Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1-5.