ANALISIS PERAN INFLUENCER DAN BRAND IMAGE PADA LIVE TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.315Keywords:
Influencer, Brand Image, Keputusan Pembelian, Live Tiktok, Gen Z.Abstract
Influencer dan brand image memiliki peran yang saling melengkapi dalam memengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Generasi Z melalui live TikTok. Influencer berperan sebagai komunikator yang mampu membangun kedekatan emosional dan menarik perhatian awal konsumen dengan gaya komunikasi yang persuasif dan interaktif. Sementara itu, brand image berfungsi untuk membangun kepercayaan, persepsi kualitas, dan loyalitas jangka panjang, serta memastikan keberlanjutan hubungan dengan konsumen. Kombinasi antara keduanya terbukti lebih efektif dalam meningkatkan niat beli dan loyalitas, dibandingkan jika keduanya digunakan secara terpisah. Keberhasilan strategi pemasaran di platform ini sangat bergantung pada konsistensi dalam menjaga citra merek dan kredibilitas influencer, serta menciptakan pengalaman yang autentik dan sesuai dengan nilai-nilai produsen serta preferensi mahasiswa Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mencakup pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pendekatan yang digunakan yakni Sistematic Literature Review (SLR) dengan tujuan mengumpulkan dan mengevaluasi penelitian yang relevan tentang topik tertentu menggunakan data sekunder sebagai kategori literatur.
References
Alvin, M., Arta, D., Ahmadi, A., Manajemen, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Muhammadiyah Surakarta, U. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Tiktok Live Terhadap Minat Beli Produk Aerostreet pada Pengguna Tiktok Shop. https://doi.org/10.62710/px9dev58
Andini A, Saputri N, Natasyah, Aulia V, & Serbia S. (2024). Analisis Penggunaan Tiktok Melalui Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Gen Z : Studi Literatur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(2).
Anindita, A.-K., Najmaei, M., & Fuchs, O. (2025). The Effect of TikTok Live Streaming Shopping on Generation Y and Z Impulse Buying Behaviour: The Example of Indonesia. Asian Research Journal of Arts & Social Sciences, 23(7), 149–167. https://doi.org/10.9734/arjass/2025/v23i7734
Anisa, -, R. R., & Nurul Chamidah. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230
Efendi, O., & Giyana. (2025). Persepsi Gen Z terhadap Penggunaan Social Media Marketing sebagai Media Komunikasi dalam Proses Keputusan Pembelian Kopi Kenangan. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 3(2017), 195–208.
Erawati, S. H., Amalia, N. S., Mauludin, H., & Liana, Y. (2023). Peran Brand Image Sebagai Moderator Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 30(2). https://doi.org/10.35606/jabm.v30i2.1276
Fakhira, N., Kastaman, R., & Pujianto, T. (2022). PERAN INFLUENCER PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FRUTIVEZ. 8(2). www.hootsuite.com
Febriah, I., & Febriyantoro, M. T. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 218–225. https://doi.org/10.31294/eco.v7i2.15214
Hidayatullah, I., Mansur, M., & Khalikussabir. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Riset Manajemen, 12(2).
Monicha, A., Sania, F., & Febriana, P. (2023). Live Streaming TikTok Meningkatkan Penjualan dan Keterlibatan Merek di Indonesia. CONVERSE: Journal Communication Science, 1(2), 37–48.
Mubarok1, Z., & Azhar, A. (2025). Peran Influencer Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Instagram Stories. In Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (Vol. 3, Issue 2). www.journal.inovatif.co.id
M. Soleh Maulidin, at, al. (2023). Analisis Perilaku Konsumen dalam Transaksi di E-commerce. Indonesian Journal of Computer Science, 12(6). https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3483
Patrisya, F., Afifah, N., Bagus Purmono, B., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2025). Mediasi FOMO: Pengaruh Influencer dan Online Review terhadap Purchase Decision Produk the Originote. Amek (Jurnal Akutansi Manajemen Ekonomi Dan Kewirausahaan), 05(1), 186–195.
Wang, C., Chen, B., Hu, S., & Li, J. (2025). Streamer interaction and consumer impulsive buying in live-stream commerce: the mediating roles of trust and emotional arousal with anticipated regret as boundary condition. Frontiers in Communication, 10. https://doi.org/10.3389/fcomm.2025.1547639
Yuandira E, & Nawawi M. (2025). Peran Brand Image Sebagai Mediator: Pengaruh Influencer Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Di Tiktok Shop. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 7(3), 849.
Zahrotul Munawwaroh, Reza Mehdi Fauzi, & Mohammad Syarrafah. (2025). Relasi Parasosial sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Live Commerce TikTok di Indonesia. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 304–314. https://doi.org/10.54259/mukasi.v4i2.4363
Zein R, & Ambarwati. (2025). The Influence of Live Streaming and Trust on Gen Z’s Purchase Decisions for Fashion Products on Shopee E-Commerce. International Journal of Asian Business and Management, 4(2), 329–340. https://doi.org/10.55927/ijabm.v4i2.194
Tirto.id. (2024, September 9). Tren belanja online 2024: 62% Gen Z belanja via live shopping. Tirto.id. https://tirto.id/tren-belanja-online-2024-62-gen-z-belanja-via-live-shopping-g8KF
Vero, & YouGov. (2023). The state of influence in Southeast Asia 2023. Vero. https://vero-asean.com/reports/the-state-of-influence-in-southeast-asia-2023
DataReportal. (2025, February). Digital 2025: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia
DataReportal. (2025, February). Essential TikTok stats. DataReportal. https://datareportal.com/essential-tiktok-stats