PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA DATA UNTUK OPTIMALISASI PROSES BISNIS

Authors

  • Annisa Nadia Agustina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Febri Elianti Sanhy Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Ghani Bilhaq Pasaribu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.332

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Manajemen Data, Optimalisasi Bisnis, UMKM, Transformasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam manajemen sumber daya data untuk mengoptimalkan proses bisnis, khususnya pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif, penelitian ini mengkaji berbagai hasil penelitian terkait penerapan AI dalam pengelolaan data, efisiensi operasional, dan transformasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI dalam sistem manajemen data mampu meningkatkan akurasi pengambilan keputusan, efisiensi operasional, serta inovasi produk melalui pengolahan dan analisis data secara real-time. Selain itu, AI mendukung strategi pemasaran digital melalui personalisasi layanan dan analisis perilaku konsumen. Namun, efektivitas penerapan AI sangat dipengaruhi oleh kesiapan sumber daya manusia, infrastruktur teknologi, dan dukungan regulasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AI berperan strategis dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digital dan merekomendasikan penelitian empiris lanjutan untuk menilai efektivitas penerapan serta dampaknya terhadap aspek sosial ekonomi di Indonesia.

References

Agustin, Y., Chaniago, H., & Indira, H. (2025). PENGARUH DIGITAL MARKETING BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 9(2), 1251–1278. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v9i2.5773

Amira, B., & Nasution, M. I. P. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). JURMA: Jurnal Riset Manajemen, 1(4), 362–371. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jurma.v1i4.

Arsenio, D., Abdurrahman, Y., Tania, A. L., & Idaman, N. (2024). Peran Dan Praktik Artificial Intelligence Terhadap Umkm: Systematic Literature Review. Jurnal Media Informatika, 6(2), 470–477. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jumin%0APeran

Asya, I. R., Nurfitriani, I., & Husna, M. (2024). Peran artificial intelligence dalam pengembangan UMKM di era digital. Jurnal Ilmu Sosial Sains Dan Teknologi, 1(4), 55–67. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/sosaintek.v1i4.7319

Harahap, A. R., Munthe, C., Fathir Hariri, M., & Siti, P. L. (2025). Peran AI dalam UMKM: Bagaimana Kecerdasan Buatan Membantu UMKM Bertahan dan Berkembang di Era Digital. Ikraith-Ekonomika, 8(1), 409–419. https://doi.org/10.37817/IKRAITH-EKONOMIKA

Hidayat, R., Kusumasari, I. R., Sophia, Z. A., & Puspita, D. R. (2024). Peran Teknologi AI dalam Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan dalam Pengembangan Bisnis. Sosial Simbiosis : Jurnal Integrasi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(4), 167–178. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/sosial.v1i4.905

Irwan, A. G., Wahyuzi, Z., Dalimunthe, N. P., Martahayu, V., & Juliansyah, A. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital dan Kecerdasan Buatan dalam Menunjang Ekonomi Desa Melalui UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 5(3), 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/wrd.v5i3.655

Lubis, A. K., & Nasution, M. I. P. (2024). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Sistem Informasi Manajemen Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jurnal Akademik Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jaem.v1i4.3193

Monalisa, I., Sidabutar, reika triana yohana, Ardana, tasya novi, & Situmorang, fatio D. (2025). Pengembangan Kapasitas Manajerial UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing Melalui Inovasi Teknologi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 102–110. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i1.3160

Pratama, R. M. S. P., Alijoyo, F. A., & Sofiah, E. (2025). Optimalisasi Proses Bisnis Umkm Melalui User Interface Sistem Point of Sale (Studi Kasus: Cireng Asgard). Jurnal Sistem Informasi, 7(2), 502–515. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/zn.v7i2.24807

Pratomo, P. A., Jaya, T. S., & Irawan. (2025). Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Ekonomi Digital. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 4(4), 970–979. https://doi.org/10.59025/41hmym80

Putra, Y., & Furqan. (2025). Optimalisasi AI Dalam Digital Marketing UMKM Pariwisata. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 5(4), 448–454. https://doi.org/10.47065/jtear.v5i4.2086

Ramadhan, T. I., & Kurniawan, T. R. (2024). Penerapan Manajemen Data Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Umkm : Panduan Praktis. Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 200–205. https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/jurdimas/article/view/1654

Riyandini, D., Fadhila, L., Wibowo, A., & Hermansyah, E. N. (2025). Basis Data untuk Meningkatkan Efisiensi Manajemen Produk pada UMKM Online. IKN : Jurnal Informatika Dan Kesehatan, 2(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/ikn.v2i1.3690

Downloads

Published

30-11-2025

How to Cite

Annisa Nadia Agustina, Febri Elianti Sanhy Sinaga, Ahmad Ghani Bilhaq Pasaribu, & Nurbaiti. (2025). PEMANFAATAN TEKNOLOGI AI DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA DATA UNTUK OPTIMALISASI PROSES BISNIS . Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 5(1), 620–634. https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.332

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.