IMPLEMENTASI INTERNAL STRATEGIC FACTORS ANALYSIS SUMMARY DAN EXTERNAL STRATEGIC FACTORS ANALYSIS SUMMARY DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS PROVINSI BALI

Authors

  • Ayu Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Kurniawati Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.11

Keywords:

IFAS, EFAS, BAZNAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi IFAS dalam pengelolaan zakat di Baznas Provinsi Bali. Untuk mengetahui implementasi EFAS dalam pengelolaan zakat di Baznas Provinsi Bali. Untuk mengetahui pengelolaan dana zakat melalui IFAS dan EFAS di Baznas Provinsi Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu mengambil informan dengan tujuan tertentu, teknik purposive sampling memiliki kriteria yaitu sampel berdasarkan individu, kelompok, maupun wilayah harus memenuhi latar belakang yang diinginkan oleh peneliti. Informan dalam penelitian ini adalah  pengurus dari Baznas Provinsi Bali dan muzaki. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Huberman, yaitu melakukan aktivitas analisis data secara terus menerus hingga datanya jenuh. Hasil penelitian ini adalah  menunjukkan bahwa implementasi IFAS untuk faktor kekuatan menunjukkan keunggulan pasar sebagai faktor paling signifikan, terbukti dari bukti pembayaran zakat dapat menjadi pengurang pajak penghasilan. Sedangkan faktor kelemahan yang paling merugikan adalah kurangnya fasilitas seperti kendaraan operasional ataupun alat operasional untuk sehari-hari. Sementara implementasi EFAS faktor peluang yang paling menguntungkan adalah hubungan antara pemasok dengan pembeli dimana hubungan antara amil dan muzakki ataupun muzakki dan mustahiq berjalan dengan baik, sedangkan faktor ancaman yang paling menghambat adalah pertumbuhan pasar yang lambat. Selain proses pembayaran zakat oleh muzakki dapat dilakukan secara online maupun offline, sementara penyaluran kepada mustahiq didahului dengan survei yang dilakukan oleh amil.

References

Al Quran dan Terjemahnya. 2014.

Jakarta: Dapartemen Agama.

Anwar, S. 2016. Optimalisasi Zakat

Melalui Networking. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, Vol.15, No.2, Desember 2106, pp. 249–272

Arikunto, Suharsimi. 2017.

Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian

Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Furqon, Ahmad, Lc.M.A. 2015. Buku

Manajemen Zakat. BPI Ngaliyan, Semarang.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi

Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis

SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutisna, Hendra. 2006. Fundraising

Data Base, Panduan Praktis Menyusun Data Base dengan Microsoft Access. Jakarta.

Downloads

Published

25-02-2023

How to Cite

Ayu, & Kurniawati. (2023). IMPLEMENTASI INTERNAL STRATEGIC FACTORS ANALYSIS SUMMARY DAN EXTERNAL STRATEGIC FACTORS ANALYSIS SUMMARY DALAM PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS PROVINSI BALI. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.11

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.