Analisis Kualitas Soal Evaluasi Mata Pelajaran Informatika Siswa SMK Negeri 1 Ngawi Menggunakan ANATES
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.112Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Analisis Soal, ANATES, Kualitas SoalAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas soal ujian mata pelajaran Informatika pada siswa kelas XII AKL 4 di SMKN 1 Ngawi. Evaluasi ini penting untuk memastikan bahwa soal-soal yang digunakan dapat mengukur kompetensi siswa secara valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan memanfaatkan perangkat lunak ANATES. Data yang dianalisis meliputi reliabilitas tes, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan validitas soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa reliabilitas tes tergolong sangat rendah dengan koefisien sebesar 0,20, yang mengindikasikan bahwa konsistensi pengukuran soal perlu ditingkatkan. Berdasarkan analisis tingkat kesukaran, mayoritas butir soal berada pada kategori sedang, yang menunjukkan bahwa soal-soal tersebut tidak terlalu mudah maupun terlalu sulit bagi siswa. Namun demikian, ditemukan beberapa soal dengan daya pembeda yang rendah atau terlalu tinggi, sehingga kurang efektif dalam membedakan kemampuan siswa yang berprestasi tinggi dan rendah. Dari segi validitas, beberapa butir soal perlu direvisi untuk memastikan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini menegaskan perlunya perbaikan dalam penyusunan soal ujian agar dapat digunakan sebagai instrumen evaluasi yang lebih baik. Dengan demikian, diharapkan evaluasi pembelajaran dapat memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai pencapaian kompetensi siswa. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik evaluasi pendidikan di tingkat sekolah menengah kejuruan.
References
Abdillah, L., & Zulkifli. (2020). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 12(3), 45-56.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiyono, S. (2017). Analisis reliabilitas tes dengan pendekatan klasik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 15–28.
Fitriani, R. (2021). Analisis Validitas Instrumen Evaluasi Berbasis Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 234-245.
Grover, S., & Pea, R. (2018). Computational thinking in K–12: A review of the state of the field. Educational Researcher, 47(1), 16-24.
Lye, S. Y., & Koh, J. H. L. (2018). Review on teaching and learning of computational thinking through programming. Computers in Human Behavior, 41, 51-61.
Nugraha, R. (2021). Teknik Analisis Butir Soal Menggunakan Software. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 45-58.
Nurgiyantoro, B., Gunawan, & Marzuki. (2015). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Permendikbud No. 37 Tahun 2018. Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
Setiawan, A. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Shute, V. J., Sun, C., & Asbell-Clarke, J. (2017). Demystifying computational thinking. Educational Research Review, 22, 142-158.
Suherman, A. (2019). Peningkatan kualitas instrumen evaluasi pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(3), 251–262.
Supriyanto, A., & Suyadi. (2023). Analisis Statistik dalam Evaluasi Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Susanto, H., & Marlina, N. (2022). Analisis Daya Pembeda sebagai Instrumen Evaluasi. Journal of Educational Studies, 14(2), 123-135.
Susanto, H., & Marlina, N. (2022). Kualitas Butir Soal: Pendekatan Validitas dan Reliabilitas. Journal of Educational Studies, 14(2), 123-135.
Wibowo, A. (2020). Evaluasi kualitas tes berbasis uji coba lapangan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 89–97.
Wing, J. M. (2017). Computational thinking’s influence on research and education for all. Italian Journal of Educational Technology, 25(2), 7-14.