Pengaruh Implementasi Manajemen Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Dan Kualitas Pendidikan Di Sdit Al-Ikhlas Cirejag

Authors

  • Sifa Ikhsaniandita Rizkiyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Salwa Hafizhah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rizki Fadilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tedy Suhardi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

education management, implementation strategy, quality of education, Islamic religious education, SDIT Al-Ikhlas Cirejag, manajemen pendidikan, strategi implementasi, mutu pendidikan, pendidikan agama Islam

Abstract

Abstract. This study looks at how SDIT Al-Ikhlas Cirejag's administration has been working to raise the bar for classroom instruction. Management strategy implementation primarily entails three stages: development, execution, and assessment. During the formulation stage, the principal and teaching staff work together to establish the school's vision and purpose, which centers on Islamic religious education. This will help to maximize the accomplishment of objectives. Establishing regulations, engaging teaching personnel, and providing learning-supporting facilities and infrastructure are all part of implementing a strategy. Training and the GUMELIS learning community are two of the initiatives that have been put in place to try to raise the bar on education quality and teacher competence. The purpose of conducting evaluations is to track progress toward goals, with an emphasis on raising standards in Islamic religious education and academic performance among students. Findings demonstrate that equitable distribution of educational quality, student motivation, learning outcomes, teaching quality, and the use of technology all benefit from wellmanaged educational programs at SDIT Al-Ikhlas Cirejag.

Abstrak. Studi ini mengkaji bagaimana administrasi SDIT Al-Ikhlas Cirejag berupaya meningkatkan standar pembelajaran di kelas. Implementasi strategi manajemen terutama mencakup tiga tahap: pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian. Selama tahap perumusan, kepala sekolah dan staf pengajar bekerja sama untuk menetapkan visi dan tujuan sekolah, yang berpusat pada pendidikan agama Islam. Ini akan membantu memaksimalkan pencapaian tujuan. Menetapkan peraturan, melibatkan tenaga pengajar, dan menyediakan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran merupakan bagian dari implementasi strategi. Pelatihan dan komunitas pembelajaran GUMELIS merupakan dua inisiatif yang telah dilakukan untuk mencoba meningkatkan standar kualitas pendidikan dan kompetensi guru. Tujuan dari pelaksanaan evaluasi adalah untuk melacak kemajuan menuju tujuan, dengan penekanan pada peningkatan standar dalam pendidikan agama Islam dan kinerja akademik di kalangan siswa. Temuan menunjukkan bahwa distribusi kualitas pendidikan, motivasi siswa, hasil belajar, kualitas pengajaran, dan penggunaan teknologi yang merata semuanya mendapat manfaat dari program pendidikan yang dikelola dengan baik di SDIT Al-Ikhlas Cirejag.

References

[1] Efendi, Nur, and Muh Ibnu Sholeh. 2023. “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Academicus: Journal of Teaching and Learning 2(2):68–85.

[2] Kusumardani, Fathin, Achmad Junaedi Sitika, and Debibik Nabilatul Fauziah. 2022. “Pelaksanaan Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di SDIT Izzatul Islam Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi.” FONDATIA 6(2):330–45.

Nasution, Wahida Raihan. 2022. “Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu Dan Manajemen Mutu Pendidikan.” ALACRITY: Journal of Education 26–34.

[3] Sabatyasno, Andreas Yoga, and Henry Aditia Rigianti. 2023. “UPAYA MENJAGA KONDISI SEKOLAH YANG SEHAT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III: TINJAUAN TERHADAP KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA SEKOLAH SEHAT.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(04):1220–32.

[4] Tanuwijaya, Novita Sari, and Witarsa Tambunan. 2021. “Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19.” Jurnal Manajemen Pendidikan 10(2):80–90.

[5] Wahyudin, Achmad, and Anis Zohriah. 2023. “Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan.” Journal on Education 6(1):3822–35.

[6] Wibowo, Hamid Sakti. 2023. Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran Yang Inovatif Dan Efektif. Tiram Media.

Downloads

Published

07-12-2024

How to Cite

Rizkiyah, S. I., Hafizhah, S., Fadilah, R., Suhardi, T., & Permana, H. (2024). Pengaruh Implementasi Manajemen Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Dan Kualitas Pendidikan Di Sdit Al-Ikhlas Cirejag. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(1), 26–39. Retrieved from https://ejournal.nlc-education.or.id/index.php/JNSI/article/view/47

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)