STRATEGI GERAKAN SEDEKAH MAKAN RAKYAT (SEMARAK) DALAM MENINGKATKAN MINAT MUZAKI DI LAZNAS DEWAN DAKWAH PROVINSI BALI

Authors

  • Sahril Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali
  • Kusjuniati Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.10

Keywords:

Strategi Semarak, Minat Muzaki

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah Untuk mengetahui strategi Semarak di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Untuk Mengetahui minat muzaki terhadapat gerakan Semarak di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Untuk Mengetahui dampak dari program gerakan Semarak di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali dan muzaki Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali dengan menggunakan teknik purposive. Serta pengumpulan data berupa: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil tersebut menunjukkan adanya minat muzaki terhadap adanya Semarak.

References

Ilyas Zainu,(2021). “Strategi Fundraising Dalam

Meningkatkan Jumla Muzaki Pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli)” program studi manajemen dakwah.

Mudrikah,(2008). “Manajemen Strategi Peningkatan Minat Masyarakat Untuk Menjadi Muzaki Di Lazismu” program studi fakultas dakwah.

Salam Abdul.(2014). “Strategi Pengelolaan Zakat Infak dan Shodaqoh dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Muzaki pada Badan Amil Zakat (BAZ) kota Semarang”, Prodi Manajemen Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Walisongo Semarang.

Sabri Alisuf,(2007). Psikologi Pendidikan,Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sedarmayanti,(2014) Manajemen Strategi, Bandung, Refika Aditama.

Shafa Ahmad Zacky el,(2011). Membuka 10 Pintu Rizki; Kiat Sukses Menjadi Kaya Secara Islami, Surabaya, Delta Prima Press, Cet IV

Shaleh Abdul Rahman dan Wahab Muhbib Abdul,(2004). Psikologi: Suatu Pengantar,Jakarta: Prenada Media.

Sofyan Assuari,(2014). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sudiman “Strategi Pendekatan Pada Muzakki”, Wawancara, 20 September

Sugiyono,(2020) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: AlFabeta.

Suhadi, (2012). Dahsyatnya Sedekah, Surakarta.

Stephen dan Coulter,(2010) Manajemen, Jakarta: Media Grafik

Syah Muhubbin,(2001). Psikologi Pendidikan dengan

Pendekatan Baru,

Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

QS : Al-Baqarah 110, Al Qur’an dan Terjemahan. 2008, Bandung: Departemen Agama RI

Downloads

Published

25-02-2023

How to Cite

Sahril, & Kusjuniati. (2023). STRATEGI GERAKAN SEDEKAH MAKAN RAKYAT (SEMARAK) DALAM MENINGKATKAN MINAT MUZAKI DI LAZNAS DEWAN DAKWAH PROVINSI BALI. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(2), 46–59. https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.10

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.