PERANAN BAGIAN TELLER DAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI LPD DESA ADAT KESIMAN

Authors

  • Komang Tri Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Sagung Oka Pradnyawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Sitha Soma Dwiyanti

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.26

Keywords:

Lembaga Pengkreditan Desa, Teller, Customer Service

Abstract

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Kesiman adalah Lembaga Keuangan milik Desa Pakraman Kesiman yang bertempat diwilayah Desa Pakraman Kesiman yang meliputi 3 (tiga) Desa Dinas yaitu Kelurahan Kesiman, Desa Kesiman Petilan, dan Desa Kesiman Kertalangu, dan terdiri dari 32 Banjar Adat.

Kehadiran LPD Desa Adat Kesiman membuat masyarakat memiliki akses untuk menyimpan dananya. Berdasarkan data profil pembukaan rekening rata – rata mata pencaharian masyarakat kesiman adalah pedagang atau pelaku UMKM. Kesulitan yang sering dihadapi oleh masyarakat kesiman adalah dalam mengelola keuangan (literasi keuangan). LPD Desa Adat Kesiman mengakomodasi permasalahan masyarakat dengan menawarkan Simpanan dan Deposito khususnya untuk pelaku UMKM.

Kenaikan jumlah nasabah  di LPD Desa Adat Kesiman yaitu rata-rata sebesar 8,5% di 2020. Kenaikan tertinggi ada di tahun 2021 yaitu  sebesar 13%, ini tidak lepas dari peranan Bagian Teller dan Customer Service, yang membuat kepercayaan masyarakat terhadap LPD Desa Adat Kesiman semakin meningkat.

 

References

Cermati.com, 30 Juni 2022. Metode Perhitungan Bunga Tabungan

https://www.cermati.com/artikel/ketahui-tipe-dan-cara-menghitung-bunga-tabungan

Diunggah tanggal 11 Juli 2021.

ES Bagaskoro, 2017. Pengarsipan Formulir

https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7100/TA%20BAB%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y

R Agrosamdhyo, 2022. Perhitungan Bunga Tabungan

Modul Perkuliahan Akuntansi Perbankan, Perhitungan Bunga Tabungan Berdasarkan Saldo Terendah

Riniisparwati,15 Agustus 2020, Tata Cara Menabung Melalui Teller

https://riniisparwati.com/cara=menabung-di-teller-bri/

R Mulyaningtyas, 2019. Prosedur Tabungan dan Deposito

https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/16443/05.2%20bab%202.pdf?sequence=7&isAllowed=y

Downloads

Published

27-02-2023

How to Cite

Tri Wahyuni, K., Oka Pradnyawati, S., & Ayu Made Sitha Soma Dwiyanti, I. (2023). PERANAN BAGIAN TELLER DAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI LPD DESA ADAT KESIMAN. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 2(2). https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.26

Issue

Section

Pengabdian Kepada Masyarakat

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.