PERANAN BAGIAN TELLER DAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI LPD DESA ADAT KESIMAN
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v2i2.26Keywords:
Lembaga Pengkreditan Desa, Teller, Customer ServiceAbstract
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Kesiman adalah Lembaga Keuangan milik Desa Pakraman Kesiman yang bertempat diwilayah Desa Pakraman Kesiman yang meliputi 3 (tiga) Desa Dinas yaitu Kelurahan Kesiman, Desa Kesiman Petilan, dan Desa Kesiman Kertalangu, dan terdiri dari 32 Banjar Adat.
Kehadiran LPD Desa Adat Kesiman membuat masyarakat memiliki akses untuk menyimpan dananya. Berdasarkan data profil pembukaan rekening rata – rata mata pencaharian masyarakat kesiman adalah pedagang atau pelaku UMKM. Kesulitan yang sering dihadapi oleh masyarakat kesiman adalah dalam mengelola keuangan (literasi keuangan). LPD Desa Adat Kesiman mengakomodasi permasalahan masyarakat dengan menawarkan Simpanan dan Deposito khususnya untuk pelaku UMKM.
Kenaikan jumlah nasabah di LPD Desa Adat Kesiman yaitu rata-rata sebesar 8,5% di 2020. Kenaikan tertinggi ada di tahun 2021 yaitu sebesar 13%, ini tidak lepas dari peranan Bagian Teller dan Customer Service, yang membuat kepercayaan masyarakat terhadap LPD Desa Adat Kesiman semakin meningkat.
References
Cermati.com, 30 Juni 2022. Metode Perhitungan Bunga Tabungan
https://www.cermati.com/artikel/ketahui-tipe-dan-cara-menghitung-bunga-tabungan
Diunggah tanggal 11 Juli 2021.
ES Bagaskoro, 2017. Pengarsipan Formulir
https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7100/TA%20BAB%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y
R Agrosamdhyo, 2022. Perhitungan Bunga Tabungan
Modul Perkuliahan Akuntansi Perbankan, Perhitungan Bunga Tabungan Berdasarkan Saldo Terendah
Riniisparwati,15 Agustus 2020, Tata Cara Menabung Melalui Teller
https://riniisparwati.com/cara=menabung-di-teller-bri/
R Mulyaningtyas, 2019. Prosedur Tabungan dan Deposito
https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/16443/05.2%20bab%202.pdf?sequence=7&isAllowed=y