Pembiasaan Program Ubudiyah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Pada Siswa SMP Al Falah Ploso Kembang Tanjung, Lampung Utara
Keywords:
Pembentukan Karakter, Karakter Disipin, Pembiasaan UbudiyahAbstract
Artikel ini ditulis untuk menjelaskan tentang pembentukan karakter disiplin dalam program pembiasaan ubudiyah, serta apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam penelitian ini. Artikel ini menitikberatkan penelitiannya pada program ubudiyah dalam peningkatan disiplin siswa di SMP Al Falah Ploso. Pendekatan yang dipakai oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, di mana peneliti melakukan observasi langsung di lapangan untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dengan kepala sekolah, kesiswaan, dan siswa OSIS, observasi di kelas dan lingkungan sekolah, serta pengumpulan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menerapkan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu: pengurangan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa 1) Menjelaskan proses pembentukan karakter Disiplin pada siswa. Peneliti dapat menjelaskan penerapan program pembiasaan ubudiyah di SMP Al Falah Ploso, Kembang Tanjung, Lampung Utara dan 2) Pembiasaan ubudiyah dalam menciptakan karakter disiplin siswa. Peneliti dapat menguraikan dampak pelaksanaan program ubudiyah dalam memperkuat karakter disiplin di SMP Al Falah Ploso. 3) Elemen yang mendukung dan menghalangi pembiasaan ubudiyah. Faktor pendukung dalam hal ini adalah tersedianya sumber literasi dalam bentuk file lunak maupun file keras pada panduan Ubudiyah, serta antusiasme para guru dalam mengajar dan menerapkannya; sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya peran orang tua di rumah.
References
Afrizal, Jamrad. 2010. Pembinaan Disiplin Kelas Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak.
Haris, Abdul. 2017. "Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam." Jurnal Pendidikan Islam Diakses pada tanggal 2 September 2017.
Hasanah, U., Imamah, K., & Wardi, M. (2022). Pembinaan Sikap Disiplin Mahasiswi melalui Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswi Ma’had. CENDEKIA, 14(02), 353- 364.
Khoiriyah, S. R. B., Kirom, A., & Abdullah, M. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 2(4), 88-94.
Mutnaeni, S., Marzuki, A., & Kirom, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Pada Anak Di Keluarga Beda Agama (Studi Kasus di Desa Kayu Kebek, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan). Journal Multicultural of Islamic Education, 6(1), 8-15.
Nadia, S. 2018. "Pengaruh Pelaksanaan Program Keagamaan Terhadap Kedispilinan Siswa Di SMP Islam Terpadu Abdurrab Boarding Scchool Pekanbaru." Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.
Rahmawati, F. Penerapan Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Keagamaan Siswa di MIN 2 Kota Malang. Malang: Universitas Islam Malang, 2019.
Sa'diyah, H., Sholikhudin, M. A., & Sholihun, M. (2020). Pendampingan Model Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pai Di Sd Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47- 62.
Sapitri, A., Amirudin., & Maryati, M. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Revitalisasi Pendidikan Karakter. Journal for Islamic Studies, 252-266.
Warsah, I., Angdreani, V., & Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam











