Implementasi Model Pengelolaan Kelas Rangkap tipe 221 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.41Keywords:
hasil belajar, pengeloaan kelas rangkap tipe 221Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana implementasi pengelolaan kelas rangkap menggunakan model tipe 221 meningkatkan hasil belajar siswa disekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian studi Pustaka (librarysearch). Teknik pengumpulan data menggunakan buku, jurnal dan majalah/modul.Pembelajaran Kelas Rangkap adalah satu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam saat yang sama, dan menghadapi dua atau lebih Tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung makna, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang berbeda-beda. Dengan menggunakan model pembelajaran dalam kelas rangkap 221 dalam meningkatkan hasil belajar siswa cocok diterapkan di sekolah dasar karena menggabungkan jumlah murid kecil dari berbagai tingkatan kelas yang berbeda serta dalam pembelajar dapat menjadi tutur sebanya dan saling memotivasi
References
Hidayat, R. (2018). Dampak Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Ii Dan Iii Di Sd Negeri Gari Ii Wonosari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 36, 3550–3560.
Maasawet, E. T. (2015). Model Pengelolaan Kelas Rangkap (PKR) untuk Sekolah Dasar yang Mengalami Kekurangan Guru di Daerah Perbatasan atau Terpencil di Provinsi Kalimantan Timur. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i1.2944
Muh. Idel, Edhy Rustan, & Hisbullah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Sebagai Upaya Pemenuhan Guru di SDN 068 Manganan Kecamatan Rongkong. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), 63–72. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.69
Pebrianti, T., Septafi, G., & Wijaksono, A. (2024). Model Pengelolaan Pembelajaran Kelas Rangkap ( PKR ) Untuk Sekolah Dasar Yang Berada Di Wilayah 3T. Jurnal Eduakasi Dan Penelitian Tindakan Kelas, 3(1), Article 1.
Putriyani, F., Wahyuningsih, L., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.41712
Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Inklusi di Yogyakarta. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 10(1), Article 1. Retrieved from https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240
Sulistiawati, A., & Nasution, K. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Telaah Pendekatan Struktural Fungsional Talcott Parsons. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1). Retrieved from https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1839
Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Kelas Rangkap Di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 186–197. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Wijaksono, A., Suroya, A., & Septafi, G. (2024). Implemantasi Manajeman Pembelajaran Kelas Rangkap Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Consilium: Education and Counseling, 4(1), 60–68.
Yasa, M. A. A. (2022). Pendekatan Inovatif dalam Peningkatan Efisiensi Pendidikan (Kebijakan Penggabungan Sekolah dan Pembelajaran Kelas Rangkap). Inovasi Jurnal Guru, 8(10), Article 10.