Tantangan Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Sekolah Dasar: Sebuah Studi Literasi

Authors

  • Mayang Sari Universitas PGRI Palembang
  • Wiwik Kristianingsih Universitas PGRI Palembang
  • Abelita Universitas PGRI Palembang
  • Dian Ayu Fransiska Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.42

Keywords:

Tantangan Pembelajaran Kelas Rangkap

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan wawasan bagi guru, pendidik, peneliti, orang tua, dan pihak terkait lainnya mengenai tantangan yang dapat terjadi dalam penerapan Pembelajaran kelas rangkap sehingga selanjutnya dapat dicegah dan dimimalisir. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan  artikel ini adalah literature review (tinjauan pustaka). Literature review diperoleh dari artikel terbitan 10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2014 hingga 2024. Hasil screening diperoleh sebanyak 15 artikel yang sesuai dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil analisis literature review, maka disimpulkan terdapat 8 tantangan utama dalam pembelajaran kelas rangkap, yaitu hasil sarana dan prasarana, ketidakpedulian orang tua, menajeman kelas, bahan ajar, dukungan dari pihak sekolah, belum adanya penilaian dalam pembelajaran kelas rangkap, kemampuan guru dan mengajar, belum tersedianya struktur kurikulum, dan kesiapan siswa.

References

Akdaş, M. S., & Mahmut Kalman. (2021). Challenges Affecting Teaching-Learning Processes in Multi-Grade Classes: A Comparison of Pre-Pandemic and Peri-Pandemic Periods. Global Education and Research, 4, 1–17.

Amelia, M. (2016). Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) Di Sekolah Dasar. 4(1), 1–13.

Butig-redocto, S., & Sumayo, G. S. (2024). The Teaching-Learning Process in Madrasah Multigrade Classes During the Pandemic : A Phenomenological Investigation. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(1), 14–26. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.5110

Enayati, T., Zameni, F., & Movahedian, M. (2016). Classroom Management Strategies of Multigrade Schools with Emphasis on the Role of Technology. Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.5812/ijvlms.12161.Research

Joyce, M. T., Kelebogile, P. M., Moffat, X. M., & Mukhati, F. (2024). Instructional Leadership Challenges in Rural Multigrade Schools. Research in Educational Policy and Management, 6(1), 102–122.

Kalender, B., & Erdem, E. (2021). Challenges faced by classroom teachers in multigrade classrooms: A case study. Journal of Pedagogical Research, 5(4), 76–91. https://doi.org/10.33902/JPR.2021473490

Khazaei, L., Ahmadi, P., Momeni far, S., Rahmani, F., Bakhshi, H., Ali fat, A., … Hosseinpour, R. (2016). Challenges and Disadvantages of Multigrade Teaching: Qualitative Research. Science and Education, 24(12), 135–142. https://doi.org/10.24195/2414-4665-2016-12-24

Mulaudzi, M. S. (2016). Challenges Experienced by Teachers of Multi-grade Classes in Primary Schools at Nzhelele East Circuit (Vol. 4).

Nawab, A., & Baig, S. R. (2014). The Possibilities And Challenges Of Multigrade Teaching In Rural Pakistan. International Journal of Business and Social Science, 2(15), 166–172. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/904521839?accountid=17193%5Cnhttp://sfx.brad.ac.uk/sfx_local?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ:abiglobal&atitle=The+Possibilities+And+Challenges+Of+Multigrade+Teachi

Putriyani, F., Wahyuningsih, L., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.41712

Rabang, D. L., & Perez, D. R. (2021). Practices and Challenges of School Heads and Teachers in Multigrade Classes in the Division of Puerto Princesa City, Palawan, Philippines. European Scholar Journal, 2(6), 94–103.

Recla, L. C. B., & Potane, J. D. (2023). Teachers’ Challenges and Practices in Handling Multigrade Classes: A Systematic Review. ASEAN J. Open Distance Learn, 15(1), 73–87.

Reyes, R. R., & Ching, D. A. (2024). Opportunities and Challenges of a Multigrade Teacher : Inputs for a Proposed Professional Development Action Plan. TWIST, 19(3), 445–455.

Rotas, E. E., & Cahapay, M. B. (2020). Workload Stress and Results Based Performance of Multigrade Teachers. Journal of Studies in Education, 10(2), 68. https://doi.org/10.5296/jse.v10i2.16874

Downloads

Published

10-12-2024

How to Cite

Mayang Sari, Kristianingsih, W., Abelita, & Fransiska, D. A. (2024). Tantangan Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Sekolah Dasar: Sebuah Studi Literasi. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4(1), 348–363. https://doi.org/10.61412/jnsi.v4i1.42

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.