Evaluasi Operasional Jasa Tunda Dalam Penanganan Kapal Motor Umsini Pasca Kebakaran

Authors

  • Okta Mahara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dewi Khrisna Sawitri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.348

Keywords:

Evaluasi Operasional, Kapal Motor, Jasa Tunda, Towing, Keselamatan Pelayaran

Abstract

Kebakaran yang terjadi pada KM Umsini di Pelabuhan Makassar menyebabkan kerusakan berat pada sistem propulsi dan instalasi mesin sehingga kapal tidak dapat beroperasi secara mandiri. Kondisi ini menuntut dilaksanakannya operasi penarikan (towing) menuju fasilitas perbaikan di PT PAL Indonesia oleh PT PAL Marine Service sebagai operator yang memiliki kompetensi pada jasa kemaritiman dan layanan tunda. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kesiapan teknis kapal tunda, proses operasional towing, keselamatan kerja, koordinasi lintas lembaga, serta hambatan yang muncul selama penarikan KM Umsini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan data yang diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen teknis seperti Towing Plan, Bollard Pull Certificate, Milestone Towing, laporan inspeksi, serta rekaman koordinasi dengan Pelni, KSOP, BKI, MWS, dan pihak asuransi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operasi towing berjalan sesuai rencana,ditandai dengan tercapainya indikator keselamatan, ketepatan waktu, dan efisiensi bahan bakar. Kapal AHTS Transko Moloko dinilai layak dengan bollard pull 65,1 ton dan perlengkapan bersertifikasi, meski terdapat catatan terkait persetujuan asuransi, mitigasi risiko cuaca, serta kebutuhan koordinasi intensif saat memasuki alur Surabaya.

References

Wahyuni, O., & Maulana, L. I. (2023, October 5). Delays in the Landing Process When Loading at Gurimbang Jetty Impact of Financial 101 Barge Bill Leaking Due to Anchor Chain Friction. https://doi.org/10.31098/cset.v3i1.760

Susanto, R. (2024). Peran Kapal Tunda Dalam Menyandarkan Kapal MV. Meita Maru di Pelabuhan. https://doi.org/10.48192/vns.v12i2.763

Rohman, M. A., Maidari, S. R., & Ichwan, R. A. (2021). The Safety Assessment of MV. Winposh Rampat at Towing Rig Activity during Towing Rig Coslboss at Bintuni Bays. https://doi.org/10.48192/PRC.V1I4.347

Prayogi, L., Siregar, M. S., & Nurmala, E. (2024). Anchor Heave-Up Failure of MV. Warih Mas in Palu Bay. Deleted Journal. https://doi.org/10.62554/6q0yzb96

Ginting, D., & Sihombing, M. E. (2025). Pengurusan Dokumen Anti Fouling System (AFS) oleh PT. Multi Jaya Samudera di KSOP Utama Belawan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.2689

Pranata, P. D., Suherman, S., & Hariyanti, R. (2025). Identification Of Constraints On The Maneuvers Of The SPOB OPS ALTAIR Vessel When Berthing At Ramba Jetty, Palembang. https://doi.org/10.46484/ijns.v2i2.1215

Asmara, I. P. S., & Husodo, A. W. (2022). Ship to Ship Manoeuvring Simulation to

Determine Elements of Tugboat Handling. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1081/1/012014

Pantjadjatmika, P., Harmuzan, H., & Mardiana, M. (2024). Role of Ship Guidance in Reducing Accident Risks in Tanjung Perak’s Mandatory Waters.

https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i4.1631

Tampubolon, B. M., Barasa, L., Permana, A., Wahyuni, N., & Suparman, J. (2025). Tugboat Clearance SOP Enhancement for Maritime Port Service Quality.

https://doi.org/10.70062/harmonymanagement.v2i3.363

Yakubovich, M. I., Kuznetsova, O. B., Penkovskaya, K. V., & Poznyakov, S. I. (2025). Algorithm for yaw stabilization of a towed vessel. Вестник Астраханского

Государственного Технического Университета. Серия: Морская Техника и Технология. https://doi.org/10.24143/2073-1574-2025-3-38-42

Junaidi, J., Suparman, J., Suranta, N., Yoniessa, S., Irwan, A., & Mulyana, F. (2025). Analysis of Ship Arrival Inhibiting Factors on Maritime Agency Performance : A Qualitative Study at PT. Berkah Tata Baruna Banten. https://doi.org/10.70062/harmonymanagement.v2i3.364

Sinaga, A., Malau, A. G., Supardi, S., Tampubolon, B. M., & Kasiono, R. (2024). The

Influence of Tug Tugboat Services and Vessel Document Readiness On The Productivity of The MT Akra 102 Vessel Agency Agencyd By PT Transuta Lintas Samudera, Merak

Branch. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science (DIJEMSS). https://doi.org/10.38035/dijemss.v5i6.3002

Syaifullah, F., Kuncowati, K., & Supangat, S. (2025). Analysis of the Causes of Delays in Pilotage and Towing Services within the Integrated Ship Operation Digital System at PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Banjarmasin Branch. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan

Kepelabuhanan. https://doi.org/10.30649/japk.v16i1.164

Harmuzan, H., Diaman, D., Mardiana, M., Laksmana, B., & Wiratantri, I. (2025). The Influence of AHTS Vessel Maintenance on Operational Efficiency at Pertamina Marine Solutions. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis.

https://doi.org/10.55606/jupsim.v4i3.5348

Wijayanto, W., & Firzah, M. (2025). Effectiveness of the Marine Terminal Safety Inspector (MTSI) in Improving Ship Safety During Berthing (A Case Study at Pertamina Integrated Terminal Tanjung Uban Jetty). Journal Research of Social Science, Economics, and

Management. https://doi.org/10.59141/jrssem.v5i2.1016

Maulani, S. F., Arrafi, M. A., Prabowo, F. G., Putri, L., Abdurroqib, N. H., Putri, Z., &

Julianto, M. (2023). Penerapan International Safety Management (ISM CODE) Pada PT AKR Sea Transport. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim.

https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v5i2.69

Study about Digital Detector on Bureau Classification of Indonesia: A Case Study of Self- unloading Vessel Bought from China. (2022). https://doi.org/10.9734/bpi/tier/v8/3722a

M, H. D., Arifin, Moh. Z., & Sapan, Y. (2024). Evaluasi Putusnya Mooring Wire di Kapal MT. Luna Erawan pada saat Sandar di Jetty 1 Cilacap. https://doi.org/10.46484/ijns.v1i1.537

Pabian, D. A., Muharani, N., Najwa, A., Amalia, S. S. N., Sitinjak, S. R., PrihadhiLahagu, A. B., Maulani, S. F., & Tsani, R. R. (2024). Implementation Of Ship Certification Inspection By KSOP Class I Banten. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim.

https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v6i2.88

Pratama, K. A. S., Arleiny, A., & Widjatmoko, E. N. (2022). Optimalisasi Perawatan Sekoci Penolong Sebagai Penunjang Keselamatan Awak Kapal. Dinamika Bahari: Journal of

Maritime Dynamic. https://doi.org/10.46484/db.v3i2.314

Downloads

Published

13-12-2025

How to Cite

Okta Mahara, & Dewi Khrisna Sawitri. (2025). Evaluasi Operasional Jasa Tunda Dalam Penanganan Kapal Motor Umsini Pasca Kebakaran. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 5(1). https://doi.org/10.61412/jnsi.v5i1.348

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.